Latest News

Zakat untuk Pendidikan Anak Indonesia

Menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2018, jumlah penduduk miskin (penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan) di Indonesia mencapai 25,95 juta orang (9,82 persen). Dari beberapa penyebab kemiskinan, faktor rendahnya tingkat pendidikan menjadi faktor utama. Kurangnya pengetahuan, hilangnya kesempatan memperoleh pendidikan akan  melahirkan ketidakmampuan untuk mengoptimalkan apa yang dimilikinya.

Mari kita jemput keberkahan Ramadan tahun ini dengan menyalurkan zakat untuk membantu pendidikan anak-anak Indonesia yang terkendala secara finansial. Adik-adik Bintang penerima donasi Hoshizora Foundation sendiri termasuk dalam kategori Asnaf (8 golongan yang layak menerima zakat) yaitu anak-anak kurang mampu (miskin) yang ingin melanjutkan pendidikan. Menurut Surat At-Taubah ayat 60, inilah 8 golongan yang berhak menerima Zakat (Asnaf) :

Melalui Kitabisa, campaign zakat Hoshizora telah tergabung dalam jaringan ZakatHub by BAZNAS yang merupakan badan zakat resmi pemerintah. Melalui program Zakat Hoshizora,  anak-anak Indonesia yang kesulitan secara finansial akan mendapatkan beasiswa pendidikan dan pendampingan untuk memperjuangkan mimpi mereka. Nominal beasiswa setiap bulannya: SD 100ribu, SMP 150ribu, SMA 200 ribu. Dana tersebut juga akan disalurkan untuk barang-barang penunjang sekolah pendidikan seperti: seragam, buku, perlengkapan sekolah, dan alat penunjang lainnya.

Adik Aan adalah salah satu Adik Bintang dari dari wilayah Sumatera Selatan. Setiap malam, Adik Aan dan teman-temannya di wilayah Danau Gerak, Sumatera Selatan harus belajar menggunakan lampu minyak (teplok) dikarenakan belum ada akses listrik di wilayah mereka. Namun, keterbatasan itu tidak membatasi semangat belajar Adik Aan dan teman-temannya. Semangatnya telah menghantarkan Adik Aan mendapatkan juara 1 lomba MTQ di desanya.

Meskipun rumahnya berada di bawah kaki Bukit Barisan, cita-cita Adik Aan melampaui tingginya gunung manapun. “Saya tidak akan pernah menyerah, saya akan terus semangat dan berjuang demi masa depan yang indah bersama keluarga dengan penuh canda dan tawa” tulis Adik Aan di suratnya untuk Kakak Bintang.

Zakat yang kita sisihkan dapat membantu Adik Aan dan anak-anak Indonesia lainnya dapat terus bersekolah dan memperjuangkan mimpinya.

kitabisa.com/zakathoshizora

Hoshizora FoundationZakat untuk Pendidikan Anak Indonesia

Related Posts