Latest News

Takoyaki Party – Farewell Party for Tatsuya-san

[dropcap type=”circle” color=”#ffffff” background=”#555555″]S[/dropcap]iang yang berangin, sedikit mendung, tapi sangat panas, plus menggerahkan. Jumat, 10 Februari 2012 HEC sudah berhias diri agar sedikit berwajah Jepang. Hmm.. memang tidak perlu bedak, lipstik,eyeshadow, atau sejenisnya tapi hanya seutas tali dengan beberapa kertas bertuliskan hoshiZora Takoyaki Party terpasang di depan pintu, lampion dari kertas seadanya juga sudah tergantung di kanopi, sepasang bendera selamat datang yang karena tidak ditemukannya bambu akhirnya hanya ditempel di tembok, serta dua potong gabus yang digambar wajah Tatsuya dan gadis Jepang versi kartun.

HEC sudah sibuk. Aroma wangi daun bawang tercium di seluruh ruangan bawah. Dua orang koki yang didatangkan khusus oleh HEC sedang mengolah bahan-bahan untuk dijadikan takoyaki. Tepung, telur, daun bawang, cumi-cumi, sosis, saus okonomiyaki, mayonnaise, katsuoboshi memenuhi pojokkan HEC. Beberapa staf terlihat turut membantu. Membantu menyemangati dan mencicipi,hedeh….

Takoyaki barangkali menjadi salah satu makanan yang begitu sulit ditemukan disini, dan pasti ada saja yang belum pernah memakannya sekalipun, termasuk saya.

Takoyaki adalah makanan Jepang berbentuk bulat-bulat, terbuat dari tepung dengan isian gurita. Dimasak di atas wajan khusus dengan banyak lubang berbentuk setengah bola. Kali ini tidak digunakan gurita tapi cumi-cumi dicampur sosis sapi saja, karena gurita sulit didapat dan pasti harganya mahal. Untuk toping digunakan saus okomiyaki, mayonnaise, dan katsuoboshi. Hmmm enakkk!

HEC akan kedatangan rombongan adik-adik dari SMAN 1 Bantul, SMPN 1 Bantul, dan adik bintang yang mengikuti kelas bahasa Jepang. Adik-adik diundang untuk mengikuti Takoyaki Party sekaligus farewall party untuk Tatsuya salah satu pengajar bahasa Jepang yang akan pulang ke negara asalnya dan akan melanjutkan perjalanannya ke Canada untuk belajar bahasa Inggris.

Pukul 14.30 rombongan dari SMAN 1 Bantul ternyata sudah sampai di HEC. Peserta dari SMAN 1 Bantul ini berangkat dari sekolahnya bersama dengan Dimas Sensei, pengajar bahasa Jepang mereka. Mereka semua naik motor. Peserta adik bintang datang secara terpisah dari rumahnya masing-masing. Sementara itu peserta dari SMPN 1 Bantul datang agak terlambat karena menunggu mobil jemputanl dari HEC.

Sembari menunggu kedatangan dari adik-adik SMPN 1 Bantul, peserta lain mengikuti kompetisi menggambar. Setiap peserta bebas menggambar apapun dalam waktu 30 menit. Peserta dengan hasil terbaik akan mendapatkan voucher dari Warung Kejujuran HEC. Sebagai penilai hasil gambar peserta yaitu Tatsuya sendiri. Hasil gambar terbaik akan dibawa Tatsuya ke Jepang!Asyik!!! Adik-adik benar-benar bersemangat menggambarnya. Saat lomba gambar hampir selesai barulah peserta dari SMP 1 Bantul tiba. Ada 12 peserta dari SMP 1 Bantul. Hasil gambar dikumpulkan dan siap untuk dinilai oleh juri. Tatsuya dengan serius menilai semua gambar peserta. Tatsuya memilih gambar kartun Jawa sebagai hasil gambar terbaik. Pemenang berhak mendapat voucher yang sudah dijanjikan di awal. Walaupun voucher tak seberapa, pemenang tetap bahagia…

Seluruh peserta sudah berkumpul, ada 41 peserta secara keseluruhan. Game utama pun dimulai. Seluruh peserta menempatkan diri di depan HEC. Game ini untuk mengasah dan mempraktekkan bahasa Jepang yang sudah diajarkan saat mengikuti kelas.  Tiap peserta harus mencari informasi tentang nama, alamat, umur dari 10 peserta lain dengan menggunakan pertanyaan bahasa Jepang. Peserta SMPN 1 Bantul tidak boleh mencari info dari peserta SMPN 1 Bantul lainnya, begitu juga untuk peserta SMA 1 Bantul, dan adik-adik bintang. Peserta tercepat juga akan mendapatkan hadiah voucher dari Warung Kejujuran HEC.

Haduhh..ternyata ada adik-adik yang curi start, tanya-tanya sebelum ada aba-aba dimulai. Setelah ditegur akhirnya berhenti. Game juga diawasi oleh Tatsuya, dan pengajar Bahasa Jepang lain karena takutnya malah adik-adik curang pakai bahasa Jawa..haha. Game pun dimulai, adik-adik sangat antusias mengikuti game ini, ada adik-adik yang benar-benar terlihat fasih mengunakan bahasa Jepang, namun ada pula yang terlihat kebingungan dan cuma lirik kiri-kanan. Yang bingung pasti yang jarang masuk kelas..iya kan?? Peserta tercepat dan tepat adalah peserta dari SMA 1 Bantul. Voucher pun jatuh ke tangan dia. Slamat ya dik..

Nah, ini yang ditunggu-tunggu. Saatnya makan takoyakiiii!! Semua peserta dipersilakan masuk kembali ke dalam HEC. Dengan urut mereka antri mengambil takoyaki dan minuman, mirip kaya antri sembako. Tiap peserta mendapat tiga butir takoyaki dan segelas teh hangat. Mereka duduk rapi di dalam HEC. Terlihat beberapa ekspresi berbeda dari para peserta, ada yang terlihat menikmati, ada yang ragu-ragu, ada yang terlihat menghentikan makan walau baru segigit, ada yang bilang enak, ada yang bilang aneh, hehe..

Sembari adik-adik menikmati takoyaki, ada penyerahan kenang-kenangan untuk Tatsuya dari HEC dan peserta. Kenang-kenangan dari HEC diserahkan oleh president hoshiZora, mbak Mega. Sebuah kaos putih yang masih bersih diserahkan kepada Tatsuya, yang selanjutnya akan ditandatangani oleh peserta, pengajar lain, dan staff hoshiZora. Penandatanganan diawali oleh mbak Mega dilanjutkan peserta.


Ada juga peserta yang memberikan hadiah gantungan kunci flannel buatan sendiri kepada Tatsuya. Hadiah lain berupa Gado-gado. Gado-gado kabarnya menjadi salah satu makanan favoritnya ketika di Indonesia. Satu bungkus gado-gado diserahkan oleh perwakilan peserta. Tatsuya terlihat bahagia sekali mendapat gado-gado. Buru-buru Tatsuya makan gado-gado. Oishiii katanya. Syukurlah dia suka. Tatsuya ternyata juga sudah mempersiapkan kenang-kenangan untuk HEC. Sejumlah buku berbahasa Jepang, ia berikan kepada HEC. Koleksi buku di HEC pun bertambah banyak.

Pukul 16.30 seluruh rangkaian acara pun selesai. Sesi terakhir adalah foto bersama. Seluruh peserta dan staff hoshiZora berkumpul untuk mengabadikan moment perpisahan ini. Perpisahan yang menyenangkan. Karena kita yakin kita pasti akan bertemu kembali. Sampai jumpa lagi Tatsuya….

Full Album Photos:

http://www.facebook.com/media/set/?set=a.252387994836169.58949.134409396634030&type=3

Hoshizora FoundationTakoyaki Party – Farewell Party for Tatsuya-san