Latest News

Surat Semangat Adik Bintang: Menanam Benih Masa Depan

“Saya akan benar-benar menyerap ilmu yang ada di hoshiZora untuk membuat sebuah NGO atau apapun itu nanti yang benar-benar bergerak dalam memajukan pendidikan di Indonesia.” (Adik bintang Ayu Rakhmawati)

Beberapa waktu lalu, hoshiZora mendapatkan surat dari seorang adik bintang asal Bantul yang kini menempuh pendidikan di MAN Insan Cendekia Serpong. Surat penuh luapan semangat ini ditulis oleh Adik Ayu Rakhmawati yang telah menjadi adik bintang hoshiZora selama empat tahun terakhir. Adik Ayu yang berhasil mendapatkan mendapatkan beasiswa di madrasah tersohor itu menerapkan apa yang diperolehnya selama ini di hoshiZora untuk adik-adik di sekitar sekolahnya. hoshiZora Forum menjadi salah satu inspirasi bagi Adik Ayu untuk mengadakan kegiatan serupa di sekolahnya. Tak hanya berhenti di kegiatan tersebut, Adik Ayu mendorong rekan-rekan OSIS untuk menghibahkan dana sebesar sepuluh juta rupiah yang dikumpulkan dari kegiatan sosial di sekolahnya kepada hoshiZora Foundation. Kontribusi Adik Ayu yang baru duduk di bangku SMA dan bahkan masih memerlukan beasiswa menjadi penguat semangat kita semua untuk terus berjuang demi pendidikan anak-anak Indonesia. Benih-benih inilah yang kita tanam bersama untuk masa depan generasi Indonesia.

***

Kepada Kakak-kakak di hoshiZora Foundation

Assalamu’alaikum wr. wb.

Perkenalkan, saya Ayu, Adik Bintang hoshiZora program Mimpi Anak Negeri angkatan I. Saat ini saya bersekolah di MAN Insan Cendekia Serpong, dan alhamdulillaah saya sekarang duduk di kelas XII.

Banyak sekali hal yang saya dapatkan di MAN Insan Cendekia Serpong, baik segi akademik maupun segi organisasi. Dari segi organisasi, pengalaman paling berharga dan mengesankan bagi saya adalah ketika menjadi panitia sebuah acara, bernama iCare 2014. Di acara ini, saya menjadi anggota Sie  Beasiswa. Apa yang berharga dan apa yang mengesankan? Tentu saja kepanitiaan ini mengesankan karena saya sendiri adalah adik bintang di hoshiZora, dan saya dapat menerapkan apa yang saya dapatkan selama saya menjadi adik bintang di acara ini.

Di acara iCare 2014, ada sie pembagian beasiswa kepada adik-adik SD dan SMP di sekitar MAN Insan Cendekia Serpong. Pembagian beasiswa itu berupa pembagian tas, seragam, sepatu, dan juga alat tulis bagi mereka yang membutuhkan. Selain itu, yang paling spesial dari kegiatan iCare tahun ini adalah adanya semacam “forum bermimpi” untuk adik-adik yang menerima beasiswa tersebut. Adanya forum bermimpi ini, disebabkan karena terinspirasi oleh forum-forum di hoshiZora yang benar-benar menggugah semangat.

Forum itu pun sedikit mengadaptasi beberapa hoshiZora Forum yang pernah saya- selaku adik bintang- ikuti. Ada sesi motivasi dari sang motivator, di acara ini pun ada motivator. Motivator yang hadir yaitu Muhammad Naufal Wiratama Azhari, teman saya di Insan Cendekia yang memang jago dalam berpidato dan memberi orasi yang menginspirasi. Pada sesi ini, adik-adik diberi motivasi yang membakar semangat. Adik-adik pun terlihat sangat bersemangat dan antusias sebab Naufal sendiri memang membawakan sesi ini menjadi menarik dan sesuai dengan anak-anak seukuran SD dan SMP. Sesi ini sangat mengadaptasi hoshiZora Forum.

Selain itu, adik-adik dari SD dan SMP ini dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tutor masing-masing. Sesi ini mengadaptasi hoshiZora Forum X, yang ketika itu adik bintang dibagi menjadi beberapa kelompok dan dipandu kakak-kakak dari Gongsin. Pada sesi ini, adik-adik pun antusias. Saya adalah salah satu tutor yang membimbing adik-adik dari SD N 3 Muncul kelas 4 dan 5. Rasanya sangat menyenangkan, melihat mereka semangat dalam mengejar mimpinya, dan juga antusias mengikuti permainan yang sudah saya buat bersama teman saya.

aSesi yang sangaaat saya suka dan juga mengadaptasi dari hoshiZora adalah sesi pengisian Board of Hopes. Saya dan teman-
teman panitia Beasiswa iCare 2014 membuat semacam papan dari kertas yang nantinya akan ditempeli cita-cita dari adik-adik peserta. Kami membagikan kertas kecil berwarna warni kepada adik-adik penerima beasiswa dan mereka pun menuliskan cita-cita mereka. Ada yang ingin jadi guru, pilot, polisi, ustadz, dan lain-lain. Selain menuliskan cita-cita, mereka juga menuliskan bagaimana kiat mereka agar cita-cita mereka tercapai.

Hmm… rasanya senang sekali melihat rangkaian kegiatan beasiswa iCare 2014 yang berjalan lancar. Senang melihat adik-adik antusias dan semangat dalam mengejar mimpi. Senang sekali melihat wajah gembira mereka saat pemberian beasiswa, dan sangat senang ketika melihat mereka semangat dalam mengikuti sesi motivasi dan ketika menuliskan cita-cita mereka dengan optimis. Aaah, rasanya sangat menyenangkan dan penuh semangat. Seusai acara, rasa semangat dan bangga itu masih menempel lekat pada diri saya dan kawan-kawan.

Acara ini pun ditutup dengan sesi foto bersama, foto dengan adik-adik dan juga seluruh panitia beasiswa iCare 2014. Tak lupa dengan para volunteer yang meskipun mereka bukan panitia beasiswa iCare, namun mereka bersedia untuk membantu berjalannya acara ini dengan lancar. Itulah serunya berorganisasi di MAN Insan Cendekia Serpong. Baik panitia ataupun bukan panitia, pengurus OSIS maupun bukan OSIS, kita tetap bersama-sama membuat suatu acara berjalan dengan lancar dan sebaik mungkin. Kita berupaya memberikan yang terbaik dengan apapun jabatan kita, apapun kedudukan kita. Dan satu hal yang saya pelajari dalam berorganisasi di MAN Insan Cendekia Serpong: kerjasama.

Acara ini berlangsung dari pukul 7.00 hingga 12.00 siang. Usai beres-beres pasca acara dan ba’da sholat Dzuhur, akhirnya panitia beasiswa iCare berkumpul kembali. Kali ini, kami ikut menuliskan cita-cita kami di kertas kecil dan menempelkannya di Board of Hopes. Biar nggak kalah sama adik-adiknya, hehe. Setelah itu, kami, panitia beasiswa iCare 2014  berdoa agar semua harapan dan cita-cita yang telah dituliskan oleh adik-adik dan kami semua dapat dikabulkan dan semoga kami semua akan mendapatkan yang terbaik dari Allah. Aamiin.

Akhir kata, saya sangaaat bersyukur karena saya dapat menyebarkan apa yang telah saya dapatkan di hoshiZora ini. Salah satu cita-cita saya dengan salah seorang teman saya di MAN Insan Cendekia, kami ingin membuat hoshiZora di masa depan. Saya akan benar-benar menyerap ilmu yang ada di hoshiZora untuk membuat sebuah NGO atau apapun itu nanti yang benar-benar bergerak dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Kali ini, dengan aksi kecil ini, yaitu berpartisipasi di iCare 2014. Namun, suatu saat nanti, insya Allah, saya dan teman-teman saya nantinya akan menjadi pemimpin Indonesia di masa depan, membangun Indonesia dengan mengoptimalkan potensi anak-anak Indonesia. Yosh! Man Jadda Wajada! Ganbatte Kudasai! ^^

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Ayu Rakhmawati Kautsar Dieni

Hoshizora FoundationSurat Semangat Adik Bintang: Menanam Benih Masa Depan