Latest News

Setitik Apresiasi Bagi Sekolah di Penjuru Negeri

Kita percaya bahwa pendidikan tak melulu milik orang-orang di kota dan kesempatan berprestasi tak hanya terbuka di kota besar. Bila kompetisi di kota besar selalu dielu-elukan sedangkan kegiatan yang diinisiasi insititusi pendidikan di desa tak dinilai berharga, maka kita telah meruntuhkan nilai dasar dari pendidikan itu sendiri. Pendidikan adalah kesempatan bagi setiap jiwa untuk berkarya.

Sebuah sekolah menengah atas di sudut Kabupaten Bantul menjadi salah satu bukti bagaimana sekolah menjadi pintu pembuka kesempatan-kesempatan baik itu. SMA Negeri 1 Pundong yang berdiri jauh di ujung Bantul dengan latar perbukitan Imogiri berupaya memperkenalkan sekolah ini kepada masyarakat luas. Jelang Ujian Nasional beberapa waktu lalu, SMA N 1 Pundong menggelar Try Out sebagai usaha untuk mendorong siswa-siswanya berorganisasi, membuka kesempatan bagi siswa SMP untuk berlatih soal ujian sekaligus berkompetisi, dan memperkenalkan sekolah ini. Sebuah upaya yang patut diapresiasi. Melihat semangat guru-guru serta siswa SMA N 1 Pundong dalam mendukung kegiatan pendidikan, hoshiZora Foundation hadir untuk memberikan penghargaan sederhana. hoshiZora menghadiahkan Tabungan Pendidikan bagi tiga peserta dengan nilai tertinggi. Dan lagi-lagi, hoshiZora menemukan anak-anak terbaik ini sebagian berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi, namun kemauan keras mereka untuk terus bersekolah seakan tak pernah berhenti.

hoshiZora Foundation meyakini bahwa semangat dari para pelaku pendidikan di ujung negeri bukan untuk dinilai tak berharga, namun justru untuk diberi apresiasi setinggi-tingginya. Pun demikian yang terjadi di SD Muhammadiyah Kalakijo. Meski siswa sekolah ini tergolong sedikit, para guru tetap beKartini SD Muh Kalakijo 2014rusaha memeriahkan momen bersejarah bangsa kita agar anak-anak tetap mengenal pahlawan mereka. Di Hari Kartini, SD Muhammadiyah Kalakijo mengadakan kegiatan pawai serta peragaan busana adat dan keluwesan dengan mengajak seluruh anak SD, Paud dan TK di sekitar sekolah tersebut. Perayaan sederhana dari sebuah sekolah di desa, namun semangat untuk tetap menghadirkan momen inilah yang patut didukung. hoshiZora bertindak sebagai salah satu juri dan memberikan piala bagi anak-anak yang memenangkan peragaan keluwesan. Anak-anak akan mengenang bahwa mereka pernah memeriahkan momen kelahiran Ibu Kartini dan mengikuti pesan Kartini untuk terus bersekolah. hoshiZora berusaha hadir dalam momen mereka, kebaikan untuk memajukan pendidikan meski dikemas dengan kegiatan sederhana.

Kini, SMA N 1 Pundong dan SD Muhammadiyah Kalakijo terus berbenah agar lebih dikenal khalayak luas dan menjadi sekolah yang melahirkan anak-anak penuh semangat dalam menempuh pendidikan. Dan di saat yang sama, kita berusaha hadir untuk memberikan dukungan pada karya mereka, sebab pendidikan sejatinya adalah kesempatan bagi setiap orang untuk terus berkarya.

 

 

Hoshizora FoundationSetitik Apresiasi Bagi Sekolah di Penjuru Negeri

Related Posts