Latest News

Sahabat Bintang Awal Memulai Kebaikan

Berbuat kebaikan dan berbagi dengan sesama bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menjadi relawan di berbagai kegiatan sosial. Memilih menjadi relawan berarti siap terlibat dalam aksi kebaikan. Selain itu, pengalaman menjadi relawan akan banyak memberikan kita pengalaman dan pelajaran hidup.

Menjadi relawan memang dibutuhkan komitmen dari dalam diri sendiri untuk mengabdi dan berkontribusi dengan merelakan waktu, tenaga, dan pikiran. Semua bukan karena kita tidak berharga tapi karena kita terlalu berharga untuk dibayarkan dengan uang.

Berikut ini manfaat yang dapat kita rasakan dengan menjadi relawan:

1. Relawan mengingatkan kita untuk selalu bersyukur,

Keinginan untuk membantu meringankan beban hidup seseorang, terkadang membuat kita berpikir sejenak bahwasanya di luar sana, masih banyak orang yang memerlukan uluran tangan kita, masih banyak anak yang putus sekolah karena terhambat dengan biaya. Pengalaman terjun langsung di lapangan mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita punya dan berbagi dengan apa yang bisa kita berikan. Sangat membahagiakan memang jika bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lain atau bahkan makhluk hidup lainnya

2. Membuka relasi untuk belajar hal baru,

Setiap tempat punya cerita, semua orang punya kisah. Saat menjadi relawan, kita akan berhadapan dan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang. Menjadi relawan membuatmu semakin kaya akan pengalaman hidup dan mempererat tali persaudaraan dengan banyak orang-orang hebat.

3. Membuat badan sehat !

Hampir sebagian besar kegiatan kerelawanan membuat tubuh kita bergerak aktif, misalnya berjalan kaki, mengangkat tumpukan bahan makanan, atau bermain dengan anak-anak. Selain itu, perasaan bahagia saat kita membantu orang lain, merasakan empatu, dan keakraban di antara sesama dapat mencegah stres, yang bantu menjaga tubuh kita supaya tetap sehat. The more we give, the happier we feel.

4. Gain More Experience,

Pengalaman saat menjadi relawan dapat menambah pengalaman serta melatih soft skill, contohnya skill leadership. Pengalaman tersebut juga dapat kita cantumkan untuk menambah nilai portofolio.

5. Mengajarkan lebih peka terhadap lingkungan dan orang-orang di sekitar kita,

Dengan menjadi relawan, kita dituntut untuk lebih peka terhadap isu ataupun permasalahan yang terjadi di sekitar kita. Relawan akan mengajarkan kita untuk tidak berdiam diri jika ingin ada perubahan ataupun kemajuan. Menjadi relawan juga dapat menjadi langkah kecil untuk mengubah dunia, lho.

Hoshizora Foundation juga membuka open recruitment untuk volunteer Hoshizora Forum 17, terdapat tiga divisi yaitu Kakak Bijak, tim dokumentasi, tour leader dan Polisi Bijak.  Divisi Kakak Bijak akan menjadi fasilitator yang mendampingi kelompok Adik Bintang dalam kegiatan Hoshizora Forum, khusus Kakak Bijak di jenjang SMA minimal mahasiswa semester 6. Tim Dokumentasi terdiri dari fotografer dan videografer yang wajib membawa keseluruhan peralatan dokumentasi sendiri. Tour leader akan mengkoordinasikan Adik Bintang untuk naik bus yang disediakan Hoshizora Foundation dari titik jemput di daerah masing-masing, menuju tempat Hoshizora Forum hingga pulang lagi ke tempat asal. Kemudian saat kegiatan Hoshizora Forum 17 berlangsung, tour leader akan menjadi Polisi Bijak (tim keamanan) untuk berjaga di beberapa titik kegiatan untuk mengarahkan Adik Bintang yang kemungkinan terpisah dari kelompoknya. Daftar segera untuk memulai berbuat kebaikan http://bit.ly/HZFORUM17


Hoshizora FoundationSahabat Bintang Awal Memulai Kebaikan