Latest News

Jadi Kegiatan Luring Pertama di Masa Transisi Pandemi, Hoshizora Foundation Kembali Undang Lebih Dari 500 Anak-Anak Penerima Beasiswa

No comments

Senin, 18 Juli 2022 – Di masa transisi pandemi COVID-19, Hoshizora Foundation pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan luring yang mengundang lebih dari 500 anak-anak penerima beasiswa di acara Hoshizora Forum ke-20. Hoshizora Forum merupakan kegiatan pengembangan kapasitas yang diselenggarakan setiap setahun sekali bagi Adik Bintang atau sebutan untuk anak-anak dari keluarga pra-sejahtera yang menerima beasiswa melalui Hoshizora Foundation. Agenda pembuka dari rangkaian kegiatan Hoshizora Forum ke-20 diawali dengan mengundang 210 Adik Bintang kelas X SMA/sederajat di Museum Benteng Vredeburg pada tanggal 17 Juli 2022. 

“Hoshizora Forum #20 kali ini bertujuan menanamkan sifat resilience dan adaptive pada Adik Bintang sebagai bekal mereka dalam menghadapi lingkungan baru yaitu jenjang SMA. Setelah 2 tahun sebelumnya mereka melewati kegiatan pengembangan kapasitas secara online dan tanpa interaksi langsung, kali ini kami berusaha membuat Adik Bintang bersua dengan para staf dan juga para sahabat Adik Bintang.” jelas M. Iqbal Fahmi, selaku penanggungjawab kegiatan Hoshizora Forum ke-20.

Acara di Museum Benteng Vredeburg ini menjadi kegiatan pengembangan kapasitas yang mengajak para peserta untuk mengikuti permainan bertemakan “Petualangan Menyatukan Nusantara: New Challenge, New Adventure”. Di setiap pos permainan, para peserta diajak menyelesaikan misi dalam balutan kisah rempah-rempah Nusantara untuk melatih kompetensi ketangkasan mereka. Selanjutnya di sesi kedua, peserta berkumpul dalam grup untuk melatih kemampuan beradaptasi melalui diskusi kelompok tentang topik persiapan memasuki jenjang baru di jenjang sekolah menengah atas.

“Saya sangat senang kak! Akhirnya bisa merasakan lagi, setelah 2 tahun tidak ada Hoshizora Forum langsung. Di sini bisa bertemu teman-teman baru dan ikut permainan-permainan yang seru.” ungkap Aji, siswa salah satu SMK di Sleman, peserta kegiatan Hoshizora Forum ke-20 dari Bantul.

Hadir pula Putri Indonesia DIY 2022 Erina S Gudono dan content creator Rond Bilius Weasley yang ikut serta memeriahkan pembukaan Hoshizora Forum ke-20. Selain mengikuti keseruan permainan bersama para Adik Bintang, keduanya memberikan pesan motivasi kepada para peserta untuk tidak menyerah pada pendidikan dan terus semangat mengejar cita-citanya. 

“Aku punya pesan untuk seluruh Adik Bintang Hoshizora Foundation. Jangan pernah takut punya cita-cita setinggi langit, namun tetap memiliki hati yang membumi.” pesan dari Erina. Rond Weasley menambahkan agar Adik Bintang menjadi orang yang bermanfaat untuk orang sekitar dan jangan pernah berhenti untuk belajar.

Yudi Anwar selaku Direktur Eksekutif dari Hoshizora Foundation berharap kegiatan Hoshizora Forum dapat membantu Adik Bintang untuk semakin berkembang tidak hanya secara akademik namun juga non-akademik dengan kegiatan yang lebih menarik dan menantang bagi mereka.

Rangkaian kegiatan Hoshizora Forum ke-20 yang didukung oleh Glow and Lovely, KataHati, dan Cakap ini masih akan berlanjut hingga bulan Agustus. Agenda kedua adalah kegiatan kelas berbagi dan diskusi pada hari Minggu, 24 Juli 2022 yang mengundang 170 Adik Bintang kelas XII. Terakhir, rangkaian kegiatan akan ditutup bersama 177 Adik Bintang kelas XI lewat kegiatan tanam pohon dan kelas berbagi bersama WALHI Yogyakarta pada hari Minggu, 7 Agustus 2022.

Hoshizora FoundationJadi Kegiatan Luring Pertama di Masa Transisi Pandemi, Hoshizora Foundation Kembali Undang Lebih Dari 500 Anak-Anak Penerima Beasiswa

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *