Latest News

Internet Training for Children – Internet is The Window of The World

Sedih, itulah yang kami rasakan ketika pukul 14.00 belum ada peserta yang hadir untuk mengikuti training internet ini. Padahal berbagai peralatan sudah kami siapkan dan tertata rapi di tempatnya.  Kami pun tetap menunggu.  Ada setumpuk harapan agar peserta pertama datang. Ayo to dik ke sini..gratis gratis gratis….

Lima menit berlalu, peserta pertama datang, Alhamdulillah.  Di menit-menit selanjutnya satu demi persatu ternyata peserta berdatangan. Kami begitu bahagia dan optimis pasti akan ada lagi peserta yang datang walaupun sudah terlat berpuluh-buluh menit berlalu. Peserta yang sudah datang langsung kami minta untuk menjemput teman-teman mereka yang tidak jauh dari hoshiZora Education Center,hehe…

Hampir pukul 14.30 training internet belum juga dimulai, sudah ada 6 peserta. Jika tetap menunggu dan tidak segera dimulai, kami khawatir justru peserta yang sudah ada bosan menunggu dan malah pulang. Haduh…jangan sampai. Training pun dimulai dengan peserta seadanya. Mbak Hafiz pun mulai membuka acara  ini. Mbak Hafiz yang sudah mulai lumutan akhirnya bisa mulai berbagi ilmunya. Google menjadi materi pertamanya. Mbak Hafiz dengan semangat 45 menjelaskan tentang apa itu google dan menjelaskan berbagai  feature yang dimiliki google, ada google search, map, translate, dsb. Ternyata dari sekian adik yang datang hanya sedikit yang tahu apa itu google, yang mereka tahu internet itu ya bisanya cuma bisa buat main game online. Mbak Hafiz mempraktekkan pencarian dengan google di depan kelas dengan memanfaatkan LCD , namun sayang siang itu terlalu terik, cahaya LCD kurang begitu terlihat. Biar begitu adek-adek tetap memperhatikan dengan serius.  Sambil memperhatikan beberapa adik juga terlihat asyik memakan cemilan yang kami sediakan. Cemilannya kletikan koro, murah dan awet dimakannya..haha..

Tak disangka ternyata dengan berjalannya waktu, peserta bermunculan satu persatu. Ada yang dari timur, barat, atas, bawah….Hore!   Alhamdulillah sampai akhir acara peserta yang ikut jadi banyak. Kursi yang kami sediakan pun akhirnya terpakai. Dari 20 kursi yang ada, seluruhnya akhirnya terpakai. Kelas diHECjadi penuh. Sangat menyenangkan!

Youtube adalah materi selanjutnya. Mbak Hafiz mempraktekkan mencari video di youtube. Mbak Hafiz mempraktekkan pencarian lagu anak-anak Indonesia, ditemukanlah lagunya Umay yang judulnya Jagoan. Adik-adik terlihat takjub dan meminta mencari video yang lain. Mbak Hafiz melanjutkan pencarian video tentang gerhana bulan. Mbak Hafiz pun menerangkan video berbahasa Inggris itu kepada adik-adik agar adik semakin jelas dan paham.

 

Nah, ini yang asyik. Adik-adik dibagi menjadi 6 kelompok. Tiap kelompok 2 orang, dan ada 1 kelompok yang anggotanya 3. Pada segmen ini peserta memang baru 13 orang. Pada segmen ini diadakan lomba cepet-cepetan mencari artikel dengan kata kunci yang disebutkan oleh Mbak Hafiz. Nanti kelompok yang paling cepet dan mengumpulkan poin paling banyak bakalan dapat hadiah. Hadiahnya pencil sama buku. Tiap kelompok sangat antusias dan benar-benar berkompetisi.  Pas sesi ini ternyata peserta bertambah 7 orang.  Lengkaplah sudah seluruh peserta training internet ini. Nah, contoh pertanyaannya: Carilah dengan google map dimana itu Kyoto, yang sudah tau langsung tunjuk tangan! Lalu ada lagi apa itu UARS (yang ini rondok do bingung bocah2e..tapi tetep ada yang bisa jawab benar, ada juga carilah artikel tentang Selat Hormuz, cari rumus luas lingkaran, cari lirik lagunya Father and Son, penyebab tubercolosis, phobos, dsb). Pemenangnya itu kelompok 5 (ini kelompok cowok,3 orang, dan ternyata salah satu anggotanya sudahSMP…makanya si adik terliat ahli banget). Pemenang berhak mendapat hadiah dari hoshiZora Education Center.

Trainingnya belum selesai lho…masih ada cara pembuatan email. Kalau yang ini emang sedikit lebih rumit, adk-adik beberapa masih perlu didampingi. Ada beberapa yang langsung berhasil, ada yang gagal beberapa kali akhirnya nggak jadi buat..hehe. Terakhir, adik diminta untuk mulai mengirim email ke emailnya mbak Hafiz……dan selesai, ditutup.

Full Album Photos here:
http://www.facebook.com/media/set/?set=a.241852902556345.57068.134409396634030&type=3

Hoshizora FoundationInternet Training for Children – Internet is The Window of The World