Latest News

Hoshizora Foundation Ajak Donatur dan Partner Bincang Hangat di Kopi Darat 2022

Jakarta – Nia, Nita, dan Farah hadir di acara Kopi Darat 2022, yaitu kegiatan bincang hangat bersama dengan Kakak Bintang dan Partner Hoshizora Foundation. Di acara Kopi Darat pada Sabtu, 22 Oktober 2022 ini, mereka berkesempatan berkumpul bersama 28 Kakak Bintang lainnya yang berasal dari wilayah Jakarta dan sekitarnya. Setelah 2 tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, Kopi Darat tahun 2022 dapat kembali dilaksanakan secara luring di Loophaus, Cilandak, Jakarta Selatan.

Kakak Bintang adalah sebutan bagi kakak asuh yang menjadi donatur dalam memberikan beasiswapendidikan kepada adik asuhnya yang disebut Adik Bintang. Di acara Kopi Darat 2022, Nia, Nita, dan Farah hadir sebagai perwakilan Kakak Bintang Komunitas dari fanbase NCTDreamINA. Selain Kakak Bintang dari komunitas, ada juga Kakak Bintang individual dan partner perusahaan. 

“Acara hari ini sangat seru banget! Inspiratif banget, pokoknya keren deh! Terima kasih kepada Hoshizora yang sudah mengundang kami untuk hadir ke acara hari ini. Harapan untuk Adik Bintang, tetap semangat untuk menggapai mimpinya, jangan patah semangat ya!” pesan Nia, Nita, dan Farah dari fanbase NCTDreamINA.

Keseruan acara Kopi Darat 2022 diisi dengan menghadirkan tiga alumni Adik Bintang yang bercerita secara langsung tentang manfaat beasiswapendidikan dari Kakak Bintang dan kisah sukses ketiganya. Pertama hadir Adela, alumni Adik Bintang universitas dari Glow and Lovely Bintang Beasiswa. Dilanjutkan oleh Berlyan, alumni Adik Bintang dari Beasiswa Mimpi Anak Negeri. Lalu yang terakhir yaitu Trisna, alumni Adik Bintang Beasiswa Mimpi Anak Negeri dan Beasiswa Dian, beasiswa universitas kolaborasi dengan Yayasan Dian Sastrowardoyo.

Trisna menceritakan perjalanan pendidikannya selama menjadi Adik Bintang hingga kini telah sukses menggapai impiannya. Ekonomi keluarga berasal dari pemasukan ayahnya berjualan mie ayam keliling, sehingga Trisna merasa sangat terbantu dengan beasiswa pendidikan dari Kakak Bintang di Hoshizora Foundation. Adanya kegiatan pengembangan kapasitas pun membuatnya menjadi semangat bermimpi lebih tinggi hingga bisa mengantarkannya menyelesaikan pendidikan hukum di salah satu universitas ternama di Yogyakarta. Ia juga pernah berkesempatan magang di kantor hukum ternama, lalu kini bekerja sebagai staf legal instansi perbankan di Jakarta.

“Alhamdulillah orang tua selalu semangat mendukung pendidikan anaknya. Ayah selalu membantu mencarikan info beasiswa hingga proses mengurus berkasnya. Hingga akhirnya bisa bertemu dengan Hoshizora Foundation dan Kakak Bintang. Bantuan pendidikan dan program pengembangan kapasitas di Hoshizora sangat bermanfaat, termasuk dalam meng-upgrade diri saya.” cerita Trisna. 

Selain mendengarkan cerita Adik Bintang, kegiatan Kopi Darat juga dirancang untuk berdiskusi tentang perkembangan Hoshizora Foundation dan pendidikan di Indonesia, khususnya di wilayah Adik Bintang. Topik yang diangkat di tahun 2022 adalah kasus putus sekolah. Tim Hoshizora memaparkan tentang berbagai cerita Adik Bintang yang terpaksa putus sekolah dan faktor-faktor apa saja menyebabkan kemungkinan Adik Bintang tidak melanjutkan sekolahnya. 

Menuju akhir sesi, Kakak Bintang diajak untuk bergabung dalam campaign #ZeroDropout, yaitu kampanye galang dana untuk mendukung pendidikan anak-anak usia SD-SMA yang terancam putus sekolah karena keterbatasan ekonomi. Donasi yang terkumpul dalam kampanye ini akan 100% disalurkan untuk membantu biaya pendidikan Adik Bintang yang terancam putus sekolah agar bisa melanjutkan pendidikannya.

Seluruh Kakak Bintang pun mengakhiri acara dengan berfoto bersama dan meneriakkan slogan “Hoshizora! Bermimpi! Berjuang! Bersama!”. Lewat slogan ini, Hoshizora Foundation dan Kakak Bintang mengantarkan pesan bahwa mereka saling berkolaborasi dan berjuang bersama untuk  mendukung mimpi anak-anak Indonesia melalui pendidikan yang layak. Mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi anak bukan hanya tugas satu pihak saja, tetapi tugas kita bersama memastikan setiap anak dapat menggapai mimpinya melalui pendidikan.

 

 

Hoshizora FoundationHoshizora Foundation Ajak Donatur dan Partner Bincang Hangat di Kopi Darat 2022

Related Posts