Latest News

Hoshizora Forum ke-13: Semangat Jadi Hebat

Hoshizora Foundation menggelar Hoshizora Forum ke-13 pada 27 dan 28 Desember 2014 lalu. Hoshizora Forum merupakan salah satu kegiatan pengembangan diri yang diadakan setiap tahun bagi penerima beasiswa Hoshizora atau yang disebut adik bintang.

“Hoshizora Forum ke-13 terbagi menjadi dua hari. Kegiatan hari pertama diadakan bagi 224 adik bintang jenjang SMP kelas IX serta SMA/sederajat dan diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta, sedangkan kegiatan hari kedua ditujukan bagi 258 adik bintang SD serta SMP kelas VII dan VIII yang digelar di Kebun Binatang Gembiraloka. Adik-adik bintang ini berasal dari 27 SD, 59 SMP dan 70 SMA/SMK di DIY dan sekitarnya,” jelas Tri Arif Riyanto, Penanggung Jawab kegiatan Hoshizora Forum ke-13.

Hoshizora Forum untuk adik bintang SMP kelas IX serta SMA/sederajat kali ini mengambil tema “Jelajah Mimpi” dengan tajuk “Semangat Jadi_IMG_4183 Hebat” dan memfokuskan pada pelatihan pengenalan potensi diri, motivasi serta pemaparan informasi beasiswa perguruan tinggi. Seminar motivasi disampaikan oleh I Made Andi Arsana, Ph.D, seorang dosen Teknik Geodesi UGM yang juga penulis beberapa buku, peraih beasisiwa pendidikan tinggi serta pembicara di forum-forum internasional. I Made Andi sekaligus menjadi salah satu role model bagi adik bintang karena ia memiliki cerita perjuangan dalam menghadapi keterbatasan finansial namun akhirnya mampu meraih mimpi-mimpinya.

Selain motivasi, adik bintang juga dibekali dengan informasi beasiswa perguruan tinggi, khususnya Bidik Misi. Mengenai Bidik Misi dipaparkan oleh Sukirjo, M.Pd., Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Informasi UNY yang juga merupakan salah satu pengelola Beasiswa Bidik Misi. Tri Arif Riyanto memaparkan bahwa Adik Bintang Hoshizora jenjang SMA harus mampu merencanakan masa depan, karena itu pembekalan, baik motivasi maupun informasi sangat diperlukan.

IMG_4978Acara Hoshizora Forum ini juga dihadiri artis Indonesia, Dian Sastrowardoyo yang berbagi pengalaman dan inspirasinya kepada adik-adik bintang. Dian Sastrowardoyo menekankan pentingnya memiliki tujuan-tujuan untuk masa depan kita dan bagaimana dampak luar biasa bila kita mau bekerja keras dalam menggapainya. Pasca sesi dengan Dian Sastro, adik bintang dikumpulkan dalam kelompok-kelompok kecil untuk berdiskusi dengan para alumni Adik Bintang Hoshizora, baik yang telah duduk di bangku kuliah berbagai perguruan tinggi maupun yang telah bekerja. Dengan sesi kelompok kecil ini, adik bintang dapat bertanya dan bertukar gagasan secara lebih intensif agar mendapatkan informasi lengkap dari pengalaman kakak-kakak mereka.

Pada sesi terakhir dilaksanakan penyerahan buku “Menghidupkan Mimpi ke Negeri Sakura” kepada 20 Adik Bintang Hoshizora yang dipilih dari beragam kategori, seperti prestasi akademik, nonakademik, keaktifan komunikasi dengan kakak bintang, dan lain-lain. Buku tersebut merupakan hibah dari Taiyou Indonesia Foundation (TIF) yang didirikan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Osaka, Jepang. Dengan kehadiran buku ini diharapkan adik bintang lebih bersemangat untuk terus berjuang mengejar impian mereka sebagaimana para penulis buku tersebut yang akhirnya berhasil menggapai impian mereka untuk menimba ilmu di Negeri Sakura. Hoshizora Forum ke-13 hari pertama ini ditutup dengan menyanyikan lagu Hoshizora berjudul “Bermimpi Berjuang Bersama” yang diciptakan oleh Adik Bintang Ayu Rahmawati Kautsar Deni.

Hoshizora Forum ke-13 hari kedua yang diikuti adik bintang SD dan SMP kelas VII dan VIII mengambil bentuk Amazing Race di dalam Kebun Binatang Gembiraloka. Kegiatan ini berlandaskan pada konsep belajar dari pengalaman dengan cara menyenangkan. Melalui Amazing Race, anak-anak berkeliling ke beberapa pos dengan variasi tugas untuk meningkatkan kepercayaan diri serta ketrampilan sosialisasi mereka. Di akhir acara, ada Jelajah Negeri Dongeng bersama seorang pendongeng internasional, Mochammad Ariyo Faridh Zidni atau biasa dikenal dengan Kak Aio.

IMG_485810422388_803804219665428_2691413824906453550_n

 

 

 
Pada rangkaian Hoshizora Forum ke-13, Hoshizora juga mengundang para mitra institusi, guru perwakilan sekolah adik bintang, serta sponsor untuk bertemu dalam Stakeholder Forum. Selain itu beberapa pemberi beasiswa yang disebut kakak bintang juga hadir dalam acara ini. “Pertemuan para mitra ini menguatkan Hoshizora bahwa untuk memajukan pendidikan anak-anak Indonesia harus dikerjakan bersama-sama, tidak hanya yayasan, tetapi juga setiap orang dan institusi yang peduli pada masa depan anak-anak kita,” papar Zaki Laili Khusna, Head of Communication Hoshizora Foundation.

Hoshizora Forum ke-13 didukung berbagai pihak, salah satunya Kebun Binatang Gembiraloka. Pihak Gembiraloka membebaskan tiket masuk bagi seluruh peserta dan komite sekaligus menyediakan lokasi khusus untuk penyelenggaraan Amazing Race. Hoshizora Forum ke-13 juga melibatkan 80 relawan yang bergabung sebagai fasilitator, komite serta fotografer dan videografer.

Hoshizora Foundation telah mendukung lebih dari 1000 anak sejak tahun 2006. Kakak bintang mendukung satu atau lebih adik bintang agar mereka mampu menempuh pendidikan dan mengoptimalkan potensi mereka. Hoshizora berharap semakin banyak orang yang terlibat agar semakin banyak anak Indonesia yang dapat meraih cita-cita.

Dian Sastro Inspirational Moment at Hoshizora Forum 13th

Galeri Hoshizora Forum ke-13

Unduh Lagu Hoshizora

Hoshizora FoundationHoshizora Forum ke-13: Semangat Jadi Hebat

Related Posts