Latest News

Forum Edukasi Solor 2022 Kembali Diselenggarakan Secara Luring

Solor – Kedatangan tim Hoshizora Foundation disambut langit biru cerah di Bandara Gewayantana, Larantuka, Flores Timur pada 7 Oktober 2022. Keesokan harinya, tim Hoshizora menumpangi sebuah kapal menuju ke Pulau Solor untuk menyelenggarakan Forum Edukasi Solor 2022, yaitu program peningkatan kapasitas tahunan yang dilaksanakan oleh Hoshizora Foundation bekerja sama dengan Du Anyam dan didukung oleh Doa Anak Bangsa. Di tahun ketiganya, Forum Edukasi Solor 2022 dapat kembali dilaksanakan secara luring bersama ratusan peserta meliputi Adik Bintang, Wali Bintang, guru-guru, dan koordinator wilayah di Solor.

Forum Edukasi Solor tahun ini, dilaksanakan selama dua hari dengan beberapa rangkaian kegiatan pengembangan kapasitas. Pada Sabtu, 8 Oktober 2022, agenda pertama dimulai dengan program pengembangan bagi guru yaitu Forum Edukasi Guru. Acara ini dilaksanakan di gedung SMP Negeri Satap Wulublolong dan dihadiri oleh 39 guru dan koordinator wilayah yang menjadi partner strategis Hoshizora dalam pengelolaan Adik Bintang di wilayah Flores Timur.

Forum Edukasi Guru mengambil tema ‘Strategi Mengajar Berpusat Pada Siswa’. Peserta diajak untuk membuat bahan ajar yang mendukung pembelajaran berpusat pada siswa. Serunya, para peserta tidak hanya memahami secara teori, tapi mereka juga diajak bermain peran (role playing) untuk mempraktekkan materi yang telah didiskusikan.

“Sangat menyenangkan! Setelah mengikuti Forum Edukasi Solor, saya jadi lebih tahu lagi tentang model pembelajaran yang harus diciptakan beragam agar siswa tidak jenuh. Lalu, kreatifitas apa yang harus dibuat untuk meningkatkan minat belajar siswa.” ungkap Ibu Agnes, salah satu guru yang menjadi peserta Forum Edukasi Guru.

Berlanjut di hari Minggu, 9 Oktober 2022, diselenggarakan Forum Adik Bintang dan Forum Wali Bintang di Aula Kecamatan Solor Timur. Antusias peserta sangat terlihat dari jumlah kehadiran yang mencapai 120 orang. Bahkan, ada beberapa Adik Bintang yang tidak dapat hadir, namun Wali Bintangnya tetap hadir untuk meramaikan acara.

Acara di hari kedua ini dimulai dengan Forum Adik Bintang bertemakan ‘Berani Bermimpi dan Mengambil Peran bersama sekitar 60 Adik Bintang usia SMP hingga SMA. Sanuri Amdali, Program Manager Hoshizora Foundation sekaligus pengisi acara, mengajak Adik Bintang untuk saling bercerita dengan memperkenalkan nama, hobi, dan cita-citanya. Ada yang bercerita suka bermain bola, bermain voli, bernyanyi, dan membaca. Sanuri juga memberikan motivasi tentang usaha untuk meraih cita-cita mereka. Lalu kegiatan ditutup dengan Adik Bintang menulis cita-citanya di pohon cita-cita dan menceritakan alasannya.

“Saya punya cita-cita jadi businesswoman kak! Karena bapak punya usaha berjualan madu hutan lokal di rumah. Nanti setelah lulus SMA, saya ingin mengembangkan bisnis bapak.” cerita Adik Sandri. 

Cerita Adik Bintang tentang cita-citanya segera dilanjutkan dengan forum berikutnya yaitu Forum Wali Bintang. Para orang tua dan wali Adik Bintang diajak masuk ke dalam aula untuk belajar tentang topik “Pemanfaatan Bahan Lokal untuk Mendukung Gizi dan Kesehatan Anak”. Wali Bintang dibagi ke dalam 6 kelompok untuk membuat rencana isi piring dengan bahan pangan lokal yang ada di Flores Timur, seperti nasi merah, jagung, olahan ikan, sayur kelor, dan buah pisang. 

“Kami terbantu sekali dengan masukan isi piring harian. Saya bisa tahu jelas jenis makanan apa untuk memenuhi gizi seimbang.” ungkap bapak Yosep, orang tua dari Adik Marjuki asal Ende. 

“Harapannya materi yang dipelajari bersama di Forum Edukasi Solor dapat diaplikasikan. Guru bisa mengaplikasikan metode pembelajaran berpusat pada siswa di kelasnya, Wali Bintang bisa mempersiapkan kebutuhan gizi untuk mendukung tumbuh kembang anaknya, serta Adik Bintang bisa termotivasi untuk mencapai cita-citanya.” harap Sanuri Amdali, selaku Program Manager Hoshizora Foundation.

Kunjungan tim Hoshizora ke Flores Timur diisi juga dengan kegiatan Pojok Literasi yaitu donasi buku ke Taman Bacaan Hanasta yang terletak di dekat Pelabuhan Pulau Solor. Ketika tim Hoshizora membuka kardus berisi sekitar 170 buku bacaan, anak-anak langsung semangat  berkerumun mencari buku baru yang bisa dibaca. Minat literasi anak-anak disana  sangat tinggi, terlihat ketika mereka sudah memegang buku, mereka asik membacanya. Ada yang asik membaca buku dongeng, buku fiksi anak, ensiklopedia, buku pelajaran dan masih banyak lainnya.

Selesainya penyelenggaraan Forum Edukasi Solor 2022 sekaligus menutup rangkaian kegiatan pengembangan kapasitas kepada para penerima manfaat di Hoshizora Foundation di tahun ini. Selanjutnya, Hoshizora Foundation berupaya terus mengembangkan bantuan berkonsep ekosistem ini agar dapat memberikan akses dan kualitas terbaik untuk pendidikan Adik Bintang. Tidak hanya diisi dengan forum edukasi untuk Adik Bintang, namun Hoshizora Foundation juga mendukung pengembangan kapasitas kepada guru dan orang tua Adik Bintang sebagai pihak pertama yang berada di sekitarnya.

Hoshizora FoundationForum Edukasi Solor 2022 Kembali Diselenggarakan Secara Luring

Related Posts